Unta



Unta adalah binatang berkuku belah, berleher panjang dan pemakan sayuran. Binatang gurun pasir yang terkenal ini muncul dalam dua bentuk, yaitu unta berpunuk satu (camelus dromedarius atau unta Arab) dan unta berpunuk dua (camelus bactrianus atau unta yang ada di Iran bagian tenggara). Unta dalam bahasa Ibrani gamal dan bahasa Yunani kamelos tidak membedakan antara unta berpunuk satu atau dua. Unta berpunuk satu harganya sangat mahal, di mana dikatakan dalam Perjanjian Lama bahwa Abraham dan Ayub mempunyai banyak unta sebagai bukti kekayaan mereka (Kej 12:16; Ayub 1:3). Unta bisa hidup walaupun tanpa minum selama beberapa hari, karena unta memiliki tiga perut yang bisa menyimpan air sebanyak 15 gallon atau 70 liter. Unta juga bisa hidup dengan makanan yang sangat sedikit karena unta menyimpan cadangan makanan di punuknya dalam bentuk lemak Unta adalah binatang yang amat patuh terhadap manusia. Unta berteriak atau mele¬nguh keras saat beban dinaikkan dan saat beban diturunkan. Unta bukanlah hewan yang berbahaya, kecuali gigitan unta karena gigi unta kotor dan bau, sehingga ke¬mungkinan besar mengandung bakteri atau virus.

Unta bisa mengangkut beban seberat 200 kg ditambah dgn penunggangnya dan berjalan dgn kecepatan 13-16 km per jam. Mamalia yg menakjubkan ini sepertinya telah ditetapkan Tuhan sebagai kendaraan padang pasir yaitu dgn telapak kaki yg le¬bar utk menapak pasir dgn mantap walaupun bebannya berat. Kulit tebal yg berfungsi baik sebagai insulasi terhadap panas. Unta bisa berumur sampai 40-50 tahun. Selain sebagai alat transportasi, bulu atau kulit unta berfungsi sebagai bahan penutup tenda atau sebagai jubah luar pakaian. Susu unta bisa memabukkan dan digunakan dalam pembuatan keju. Daging unta tidak boleh dimakan berdasarkan Hukum Taurat, yaitu di Kej 30:43; Im ll:4dan UI 14:7 karena unta hewan berkuku belah.

Unta pertama kali disebut-sebut di Perjanjian Lama dalam kaitannya dengan Abraham dan Yakub (Kej 12:16; 24:19; 24:35; 30:43; 32:7,15) di mana unta adalah bagian dari hewan yg diternakkan. Dalam Kej 24; 10; 31:17,34 unta digunakan sebagai alat transportasi individual. Dalam Kej 37:25 ada kelompok penunggang unta orang Ismael dari Gilead yg adalah pedagang padang gurun. Unta juga menjadi alat kendaraan perang yang digunakan oleh suku Midian sekitar tahun 1175 SM (Hak 6:1-6).

Di dalam Matius 19:24 dikatakan orang kaya lebih sukar untuk masuk ke Sorga daripada unta masuk ke lubang jarum (lihat "Manna Sorgawi" Februari 1999). Sebagaimana unta berontak saat beban dinaikkan dan diturunkan, demikian juga biasanya orang kaya, mereka tidak mau melepaskan kekayaan mereka.

Matius 23:24 menyatakan kecaman Yesus terhadap orang Farisi yang menyaring anggur mereka dari binatang kecil yang haram tetapi unta yang di dalamnya yang berbadan lebih besar dan juga haram, mereka telan. Ungkapan ini adalah untuk men¬cemooh orang Farisi yang memperhatikan hal-hal yang kecil seperti menghitung dengan teliti perpuluhannya, tapi mengabaikan hukum Tuhan yang terutama yaitu keadilan, belas kasih dan kesetiaan terhadap sesama.

Sekalipun tidak disebutkan secara nyata di dalam Alkitab bahwa orang2 majus yang mencari bayi Yesus menaiki unta, tetapi seringkali digambarkan sedemikian.

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tuliskan komentar anda disini.

NO SPAM - SARA - PORN !!!